Menu

Gado Gado

Bahas Sana Bahas Sini

Macam-macam jaringan Komputer beserta gambar dan contohnya

August 26, 2015

Macam-macam jaringan Komputer beserta gambar dan contohnya

Umumnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 type, yakni berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan interaksi tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang dimanfaatkan. Berikut penjabaran lengkapnya :

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. Lembaga Administrasi Negara

macam-macam jaringan komputer Local Area Network atau yang sering disingkat dengan Lembaga Administrasi Negara yaitu jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. rata-rata jaringan Instansi Administrasi Negeri luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.

Rata-rata jaringan Lembaga Administrasi Negara memakai tehnologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data kira kira 10, 100, bahkan 1000 MB/s. selain memanfaatkan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang memanfaatkan tehnologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan Dinas Administrasi Negeri.

2. MAN

Metropolitan Lokasi Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup sebuah kota bersama dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN ialah gabungan dari beberapa jaringan Dinas Administrasi Negeri.

Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 kilo meter. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak di lengkapi dgn elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

3. WAN

Wide Area Network atau WAN yaitu jaringan pc yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal suatu negara bahkan benua. WAN biasanya digunakan utk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga kastemer bisa berkomunikasi bersama konsumen lain walaupun berada di lokasi yang berbebeda.

Go Back

Comment